fbpx

Focused Group Discussion Menggunakan Breakout Room di Google Meet

Share this post

Focused Group Discussion (FGD) di dalam kelas daring kini jadi jauh lebih mudah menggunakan Breakout Rooms di Google Meet. Aplikasi video conference Google Meet sangat marak digunakan, terutama di masa pembelajaraan hybrid sekarang ini. Barangkali, para rekan pengajar sekalian telah familiar dengan fitur-fiturnya. Kali ini, Kelas Juara akan membahas penggunaan dari Breakout Rooms dan cara pengaturannya. 

Breakout Rooms memungkinkan pembagian siswa di dalam Google Meet menjadi kelompok-kelompok kecil agar diskusi dapat berjalan lebih intens dan terarah selama beberapa waktu, tanpa perlu keluar dari room utama. Ketika waktu diskusi telah habis, secara otomatis seluruh pengguna akan kembali ke room utama.  

Fitur ini dapat diaktifkan oleh pembuat room meeting. Dalam pengaturannya, pemilik room dapat menambahkan partisipan ke dalam breakout room tertentu sedari awal, tanpa perlu memakan waktu memilah satu-satu ketika Focused Group Dicussion mau dilakukan. Ketika waktu diskusi dimulai, pemilik room dapat langsung memulai Breakout Room dan partisipan akan terpilah secara otomatis. Simak cara pengaturannya melalui langkah-langkah berikut:

Pertama, buat acara terlebih dahulu di Google Calendar. Selain bagus untuk memberikan notifikasi undangan ke partisipan, ditahap ini pemilik room dapat mengatur siapa saja yang masuk ke breakout room.

Jika sudah menambahkan judul acara, dan mengundang partisipan, selanjutnya pemilik room bisa mengatur breakout room nya dengan klik icon settings seperti gambar berikut ini.

Kemudian, masuk ke bagian Breakout Rooms untuk menentukan jumlah rooms dan partisipan yang akan masuk ke masing-masing room. Jika sudah, klik Save.

Mulai meeting seperti biasa dengan join ke link Google Meet. Untuk memulai Breakout Room, pembuat room meetingnya dapat melihat ke bagian Breakout Room, dan klik Set up Breakout Rooms. 

Pastikan kembali jumlah breakout room dan partisipan masing-masing room telah sesuai telah sesuai dengan pengaturan awal tadi. Selanjutnya, klik Open rooms. Secara otomatis Breakout room akan dimulai dan memilah berdasarkan yang telah ditentukan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.