fbpx

Fitur Google Docs Terbaru, Belajar Kelompok Secara Online Lebih Terorganisir dengan Fitur Daftar Pengerjaan Tugas

Update fitur Google Docs terbaru

Share this post

Kini, belajar kelompok atau bekerja dengan tim akan lebih mudah dengan fitur baru Google Docs.

Google Docs menghadirkan fitur untuk menentukan daftar pengerjaan tugas yang bisa dikerjakan oleh diri sendiri atau teman kelompok. Daftar pengerjaan tugas ini akan muncul pada “Tasks List” penerima tugas.

Saat perubahan baru muncul pada proses pengeditan, seperti menambahkan kalimat atau mengganti judul, pembaruan tersebut akan muncul pada Google Docs.

Ketahui lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan fitur ini di artikel berikut!

Tutorial Menggunakan Daftar Pengerjaan Tugas

Untuk menggunakan fitur ini, ketik “@task” pada laman Google Docs, lalu tekan “enter”. 

Popup window akan muncul untuk personalisasi pengerjaan tugas. Kamu bisa mengisi kolom judul tugas, penerima tugas, dan tanggal pengerjaan tugas. 

Notifikasi pengerjaan tugas akan muncul pada alamat Gmail atau Google Calendar penerima tugas jika kamu menentukan tanggal pengerjaan tugas.

Pengaturan ini akan memudahkanmu dan anggota kelompok dalam distribusi pengerjaan tugas. 

Kamu juga bisa memberi tenggat waktu pengerjaan agar tugas kelompok dapat terselesaikan tepat waktu.

Cara Memeriksa Tugas yang Ditentukan

Selain mengecek notifikasi Gmail, kamu juga bisa memeriksa tugas yang sudah ditentukan pada menu bar Google Docs. 

Klik menu bar “Tool” lalu klik “Task”. Daftar tugas akan muncul pada bagian kanan layar dan siap untuk dikerjakan!

Mengedit Daftar Pengerjaan

Kamu juga bisa melakukan penyuntingan daftar tugas. Pada kolom judul, ketik perubahan yang diinginkan lalu klik “Tab” untuk mengubah.

Tanggal dan penerima tugas juga bisa diubah dengan klik “Edit” pada bagian kiri bawah task card.

Notifikasi perubahan ini akan muncul pada Gmail masing-masing.

Tandai Tugas yang Sudah Dikerjakan

Jika kamu sudah selesai mengerjakan tugas, jangan lupa beri checklist pada daftar tugas.

Untuk menandai, buka daftar tugas yang sudah kamu buat, kemudian klik checkbox yang ada pada dokumen.

Judul tugas akan tercoret secara otomatis, yang menandakan tugas tersebut sudah dikerjakan. Daftar ini akan memudahkanmu dan anggota kelompok untuk memantau progress tugas.

Masalah yang Muncul Saat Menggunakan Fitur Ini dan Cara Mengatasinya

Ketika sedang menggunakan fitur “Task List” dari Google Docs, beberapa masalah mungkin akan muncul.

Contohnya seperti titik biru yang muncul di sebelah kiri ikon checklist item. Titik biru dapat muncul ketika seseorang mengganti checklist item pada dokumen namun tidak mengerjakan tugas apa pun, begitu pula sebaliknya.

Untuk mengatasi masalah ini dan menghapus titik biru, kamu bisa lakukan:

  • Gerakkan kursor pada tugas yang memiliki titik biru
  • Popup window akan muncul di bagian kanan bawah, klik “Update”

Kamu juga bisa menghindari masalah ini terjadi dengan memastikan bahwa penerima tugas sudah memiliki akses untuk mengedit sebelum kamu melakukan “Share Doc”.

Itu dia fitur terbaru Google Docs yang bisa kamu manfaatkan agar mengerjakan tugas secara berkelompok dapat lebih terorganisir. 

Nantikan tips dan update terbaru Kelas Juara lainnya mengenai dunia pendidikan dari kacamata digital!