fbpx

Efisiensi Waktu Menggunakan Template di Gmail

Share this post

Mengirim surel (email) yang berulang-berulang tentunya cukup memakan waktu apabila harus diketik kembali atau melalui proses salin & tempel. Mulai dari surel-surel pengumuman, borang, ataupun surel kepada para orang tua siswa, proses pengirimannya akan jauh lebih mudah ketika menggunakan fitur “Template” dari Gmail.

Simak cara mengaktifkan dan menggunakan fiturnya.

  1. Pertama, buka Gmail melalui akun Google Workspace for Education atau akun belajar.id
  2. Kedua, aktifkan fiturnya melalui setelan. Berikut instruksi aktivasinya.
  • Klik tombol di pojok kanan atas dan pilih “Lihat semua setelan”:
  • Setelah itu, rujuk ke kolom “Lanjutan” (di sini terdapat banyak fitur menarik yang bisa ditelusuri). Di bagian “Template” pilih opsi “Aktifkan”.
  • Klik “Simpan perubahan”.

Di bawah ini terdapat contoh penerapan untuk sebuah email undangan kepada pemangku kebijakan acara evaluasi pertengahan tahun di sekolah.

Skenarionya adalah sebagai berikut: email undangan berulang tersebut bisa diakses dengan mudah tanpa harus repot-repot mencari email lama untuk melakukan salin & tempel. Berikut pengaplikasian “Template” untuk mempermudah prosesnya.

  1. Klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah kotak tulis.
  2. Pilih “Template”.
  3. Pilih “Simpan draft sebagai template”
  4. Lalu pilih “Simpan sebagai template baru”
  5. Beri nama pada template. 
  6. Klik “Simpan”

Untuk menyisipkan surel yang telah dibuat sebelumnya, cukup klik “Undangan ESPPT 2021”.

Semoga tips singkat ini dapat membantu mengarahkan penggunaan Gmail untuk kemudahan korespondensi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.