fbpx

Cara Buat Absen Online dengan Google Form, Praktis!

cara buat absen online

Share this post

Mengikuti kemajuan teknologi dan banyaknya kegiatan belajar mengajar secara online, mengharuskan guru untuk mengetahui cara buat absen online agar bisa mengatur kehadiran, serta partisipasi siswa secara terstruktur. 

Untungnya, kini membuat absen online bukanlah hal yang sulit dan memusingkan, karena guru bisa memanfaatkan Google Form yang akan membuat sistem absensi menjadi lebih praktis. Terlebih lagi, Google Form juga bisa diakses secara gratis, cepat, dan efisien. 

Lantas, bagaimanakah cara buat absen online praktis dengan Google Form ini? Berikut panduannya. 

Cara Buat Absen Online di Google Form

cara buat absen online
Halaman awal Google Form

Bagi guru yang ingin membuat absen online menggunakan Google Form, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Google Form 

Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google, lalu masuk ke Google Forms lewat browser, kemudian klik tombol + Blank untuk membuat form baru.

2. Beri Judul dan Deskripsi

Di absen online yang mau dibuat, tambahkan judul sesuai kebutuhan atau tujuan formulirnya. Misalnya, “Absen Kelas X IPA 1 – Hari Senin” atau “Absensi Webinar Digital Marketing”. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan deskripsi jika diperlukan untuk membuat formulir absensinya menjadi lebih detail, misalnya keterangan soal waktu dan ketentuan mengisi absen.

3. Buat Pertanyaan Utama

Sebagai formulir absensi, kamu juga bisa menambahkan pertanyaan yang harus diisi oleh siswa. Misalnya nama lengkap, nomor induk siswa, kelas, tanggal, serta jam kehadiran. 

Secara lebih lanjut, format jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini juga bisa diatur sesuai preferensi. Mulai dari jawaban singkat, multiple choice, tanggal dan waktu otomatis, ataupun input manual.

4. Atur Opsi Pengisian Jawaban

Salah satu fitur Google Form yang bisa kamu manfaatkan ketika membuat absen online adalah, mengatur opsi pengisian jawabannya. Artinya, kamu bisa mengatur apakah pertanyaan tersebut bersifat wajib diisi atau tidak.

Fitur ini bermanfaat untuk memastikan siswa mengisi pertanyaan penting, dan memberi kelonggaran untuk pertanyaan-pertanyaan yang bersifat opsional atau tidak prioritas.

5. Aktifkan Fitur Respon Otomatis (Opsional)

Menariknya, Google Form yang praktis ini, memungkinkan kamu untuk langsung mengelola hasil jawaban dari absen online yang dibuat. 

Kalau ingin hasil langsung masuk ke spreadsheet, klik tab Responses, lalu klik ikon Google Sheets di pojok kanan untuk membuat file otomatis yang akan merekam semua jawaban.

Baca juga: Laptop Tipis untuk Pengajar: Berkenalan dengan Chromebook Flip C434

Tips Tambahan saat Menggunakan Google Form untuk Absen Online

Selain mengetahui cara buat absen online yang praktis di Google Form, kamu juga bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada, antara lain:

  • Gunakan fitur Limit to 1 response per user jika ingin mencegah siswa mengisi dua kali (hanya bisa dilakukan jika semua peserta pakai akun Gmail).
  • Tambahkan verifikasi waktu untuk membatasi waktu pengisian dan memastikan siswa mengisi absen selama kelas online sedang berlangsung.
  • Kirim link absensi melalui grup WhatsApp, email, atau Google Classroom agar mudah diakses siswa.

Keunggulan Sistem Absen Online

Jika dibandingkan dengan metode absen manual, absensi online tentu lebih unggul dalam berbagai hal, antara lain:

  • Mengurangi risiko kesalahan pencatatan, karena data langsung terekam sistem.
  • Memudahkan rekap data, cukup buka Google Sheets tanpa perlu menghitung satu per satu.
  • Bisa diakses dari mana saja, cocok untuk sistem pembelajaran atau kerja jarak jauh.
  • Lebih ramah lingkungan, karena tanpa cetak kertas sama sekali.

Nantinya, sistem absensi kamu bukan cuma lebih modern, tapi juga lebih efisien bahkan bisa dibilang ikut berkontribusi baik bagi lingkungan.

Penutup

Itulah cara buat absen online menggunakan Google Form yang bisa kamu praktikkan sendiri dengan mudah. Selain praktis, cara ini juga membantu kamu mencatat data secara otomatis dan rapi, tanpa perlu repot input manual satu per satu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bikin absen onlinemu sendiri dan nikmati kemudahan manajemen kelas digital yang lebih modern dan efisien! 

Baca juga: Memanfaatkan Google Classroom sebagai Media Belajar Online 

Kamu juga bisa temukan informasi dan tips menarik lainnya seputar edukasi dan teknologi pendidikan yang cerdas sekaligus modern di blog Kelas Juara. Selamat bereksplorasi!