fbpx
Forum Navigation
Forum breadcrumbs - You are here:KelasStudent Exchange Di Thailand
Please or Register to create posts and topics.

Student Exchange Di Thailand

Disini saya ingin berbagi pengalaman saya menjalani tugas sebagai student exchange di Thailand. Sebenarnya bukan hanya student exchange tapi juga credit transfer yang artinya disana kuliah dan nilai bisa dikonversi ke kampus di Indonesia. Oke, setahun yang lalu saya dapat kesempatan untuk ikut program "Student Mobility For Credits Transfer Program Thailand" di Prince of Songkhla University. Disana banyak hal baru yang saya pelajari. Mahasiswa disana sangat antusias dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, mereka tidak segan untuk ajak kenalan, bahkan ajak main orang asing. Mereka juga baik-baik dan ramah. Oh ya, dulu pernah pas masuk kelas awal-awal saya dan teman saya diberi permen asam sambil canggung-canggung. Lucu kalo di inget lagi. Bahkan ya saya sampai punya sahabat cewek orang Thailand. Saking akrabnya, sampai saya diajak nginep di rumah yanh jauhnya 2 jam dari kampus, ya mungkin kampung halamannya gitu. Btw dia tinggal di dorm kampus. Dan pas aku disana, keluarganya juga nggak kalah welcome, saya diajak masak, jalan, makan. Benar-benar seperti di rumah sendiri.

Dan soal pengajar disana, baiknya bukan main. Boleh bertanya kapan saja kalau bingung soal materi dan bahkan memberi kami (mahasiswa Indonesia) asisten khusus untuk mendampingi proses praktek di lab. Pernah juga kami sampai di jadwalkan kelas khusus karena mengingat tidak maksimalnya penyampaian materi. Saat bersamaan dengan mahasiswa sana, pengajar akan sering menggunakan bahasa Thailand. Seperti saya yang tidak mengerti bahasa Thai ya cuma duduk aja dengerin tanpa ngerti maksudnya.

Hal yang kami kagetkan saat berkuliah disana adalah saat ujian. Iya ujian. Kami yang terbiasa ujian di Indonesia dengan soal yang paling hanya 2 lembar, eh disana soal ujian hampir 10 lembar. Dan juga soal yang diberikan tidak hanya seperti "Apa pengertian dari A ?" tapi sampai ke "Mengapa A bisa memilik pengertian B?". Hm terkejut bukan main saya. Waktu ujian juga berbeda, biasanya hanya 1–2 jam. Sedangkan disana ujian bisa sampai 3 jam. Pengalaman yang luar biasa. Sangat takut saya dengan hasil ujiannya, tapi ya sudah saya serahkan kepada Tuhan. Alhamdulillah hasilnya tidak buruk.

Mengenai budaya, ya ini yg menarik. Di Thailand sendiri punya berbagai perayaan yang menurut saya keren dan yang jelas nggak bakal saya temui di Indonesia. Seperti songkran, budaya main air massal dimana semua orang berkumpul di titik yang sudah ditentukan. Mereka akan bermain air dan saling menyapa dengan mengoleskan pipi orang lain menggunakan bedak cair. Bahagia dan bersyukur bisa tau dan bahkan bisa merasakan.

Jadi soal lingkungan, luar biasa ramah. Saya yg awalnya takut berangkat dengan alasan disana gimana gimana, eh akhirnya sekarang kalau diinget-inget bakal nyesel dah. Benar-benar pengalaman yang berharga dalam hidup saya.

Kepada yang sudah membaca, kop khun nakha 🙂

Kelas Juara on Youtube
Kelas Juara Podcast Eps 5 - Belajar Online Pasti Seru dengan Google for Education
Kelas Juara Podcast Eps 4: KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 2
Kelas Juara Podcast Eps 3 - KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 1
KELAS JUARA EPS 2 - Kabur dari Indonesia, Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Part 2