fbpx
Forum Navigation
Forum breadcrumbs - You are here:KelasStrategi Belajar Ku Dalam menghad …
Please or Register to create posts and topics.

Strategi Belajar Ku Dalam menghadapi Ujian di Sekolah

Strategi ku dalam belajar adalah,
Satu, aku suka baca banyak buku sejarah. Buku yg disorot disini bukan buku pelajaran yang dikasih sekolah, tp buku² sejarah random yg kupinjam dr perpus atau kubeli. Kyk buku biografi tokoh² nasional, peradaban pulau jawa, etc. Dari beberapa buku, aku selalu nemuin pasal-pasal, sejarah amandemen, filosofi indonesia, dan banyak lagi. Dengan syarat, baca buku bkn krn terpaksa, tp krn suka. Dijamin cpt bgt materi masuk otak.

Kedua, aku suka nyatat. Ini berhubungan sm cara belajar sih. Kalo nyatet, aku jd cepat ingat sm materi yang kupelajari. Kayak gtu juga kalo lagi ngerjain soal. Kutulis ulang di selembar kertas. Kalo kamu tipe auditori, denger aja audio materinya secara lisan. Banyak kok di yutub.

Ketiga, cara hapalin uud. Kamu pilih aja beberapa uud yang penting dan sering di pelajari ulang dari sd sampe sma. Misalnya pasal 1, 3, 10, 28, 28A-28J, 30-34, etc. Dari pasal yg dipilih, itu aja hapalin, g perlu satu buku dihapalin. Untuk lembaga negara, gambar aja mind map atau bagan hierarki. Terserah gbrnya, yg penting mudah dipahami. Gambar itu cukup efektif buat menghapal materi daripada tulisan panjang2.

Kenapa efektif? Kalau misalkan kamu ga cukup mampu untuk ngehapal semuanya, kamu tgl hapalin bentuk dan letak gbrnya. Jadi pas ngerjain soal, kamu inget aja letak si materinya.
Misal "Oh dpr letaknya ditengah, kemarin tuh ada garis antara si dpr dengan presiden."

Keempat, cara menghapalku itu dengan membuat pola dan kata kunci dalam kepala. Kayak menghapal pasal² yg berubah di amandemen 1 dan 2. Misal, di amandemen 1, pasal yg dirubah sebagian besar pasal berangka ganjil. Sementara di amandemen 2, pasalnya sebagian besar angka genap.

Pas tes nanti, pasti bkl ada faktor x yg bikin kita nge blank atau tiba² lupa sm beberapa materi. G usah panik. Klo lupa, kita jwb soalnya pake logika. Dgn logika, kita pake sistem cocokologi dan eliminasi jawaban. Itulah pentingnya menjaga kesehatan otak sampai hari h, Biar bisa srat sret srat sret jawaban pas tes sampe jawaban yg paling bener keluar.
Alias mikir kritis!

Ngerjain tes ga bisa cuman ngandelin pengetahuan, tapi butuh pemahaman juga. Itu berdua harus sinkron. Caranya gmn? Baca buku, sering-sering latsol, dan istirahat cukup. Waktu hari h, tenang ae pas ngerjain soal.

Gunain time management. Jan berkutat di satu soal sulit aja. Nanti bisa tersesat di pemahaman sendiri. Akhirnya waktu habis, soal ga keisi.

Bagus Okta, Muhamad Ozan and 2 other users have reacted to this post.
Bagus OktaMuhamad OzanRaihan Rahadianyellow stunt

Bikin strategi dalam menghadapi tes sbmptn dong ka😊

Muhamad Ozan has reacted to this post.
Muhamad Ozan

Terimakasih informasinya kak

Ikhfa Fauzurrahman has reacted to this post.
Ikhfa Fauzurrahman

Makasii banyak kak tips nyaa 🙂

Ikhfa Fauzurrahman has reacted to this post.
Ikhfa Fauzurrahman

Minta tips cara membagi waktu untuk belajar dong kak😊

Semoga kita semua bisa lulus sbmptn👍

Makasi banyaakkkk kak, menginspirasi nii..

Kelas Juara on Youtube
Kelas Juara Podcast Eps. 6 - Chromebook for Education
Kelas Juara Podcast Eps 5 - Belajar Online Pasti Seru dengan Google for Education
Kelas Juara Podcast Eps 4: KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 2
Kelas Juara Podcast Eps 3 - KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 1