fbpx
Forum Navigation
Forum breadcrumbs - You are here:KelasBeasiswa fully funded boarding sc …
Please or Register to create posts and topics.

Beasiswa fully funded boarding school

Halloo... Namaku Iklimah Nur Rachmah. Aku adalah satu dari jutaan anak yang pernah berjuang untuk mencapai mimpinya. Sejak aku SD, ibuku selalu bercerita mengenai anak temannya yang mendapatkan beasiswa diberbagai instansi pendidikan. Nah, kali ini aku akan sharing mengenai perjalananku untuk masuk salah satu SMA favorit di Jawa Timur yaitu SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur lewat jalur beasiswa. Sebelumnya aku tidak pernah memiliki keinginan untuk masuk di sekolah ini. Saat Akhir semester kelas 9, aku sudah mendapat tawaran dari salah satu guru di SMA Muhammadiyah 1 Babat yang ada di desaku untuk masuk lewat jalur prestasi, karena aku pernah memenangkan kejuaraan pencak silat di SMA tersebut.

Tawaran tersebut aku sampaikan kepada kedua orang tuaku, mereka bilang semua terserah padaku, ke sekolah manapun aku ingin melanjutkan jenjang pendidikan SMA yang terpenting adalah aku harus memberikan usaha terbaikku untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan kemampuanku. Saat itu aku tidak terlalu memikirkan tawaran tersebut, yang selalu aku pikirkan sejak awal masuk SMP, aku sangat ingin bisa mendapatkan beasiswa seperti yang ibu ceritakan biasanya. Tiba-tiba, datang beberapa alumni dari SMP ku memakai seragam biru rapi yang tidak pernah aku lihat sebelumnya. Ternyata mereka ingin sosialisasi mengenai sekolahnya. Saat mereka menjelaskan tentang sekolah tersebut pikiranku mengatakan bahwa biaya sekolah di SMA tersebut pasti sangat mahal, apalagi SMA itu berada di kota. Saat sesi tanya jawab, aku bertanya mengenai biaya untuk sekolah di SMA tersebut, ternyata kakak kelasku ini masuk lewat jalur beasiswa, selama tiga tahun mereka sama sekali tidak membayar biaya pendidikan maupun asrama juga biaya makan sehari-hari dan pada saat itulah aku memutuskan untuk mendaftar di sekolah tersebut.

Banyak rintangan yang aku alami saat mendaftar, mulai dari cemoohan teman-temanku, orang tuaku yang bimbang karena SMA tersebut berada dikota, biaya tes kesehatan yang mahal dan bahkan saat nilai UN ku yang paling rendah diantara teman-temanku yang mendaftar, guruku sempat tidak yakin bahwa aku akan lolos di sekolah tersebut. Tetapi aku tidak menghiraukan semua itu, aku berhasil meyakinkan kedua orang tuaku agar mengijinkanku untuk sekolah di SMA tersebut, aku juga berhasil mengumpulkan uang untuk biaya tes kesehatan sejumlah 450.000,00 dari hasil tabungan uang saku selama aku sekolah. Dan yang terpenting, aku bisa membuktikan kepada guruku bahwa aku mampu untuk masuk di SMA tersebut karena aku berhasil lolos seleksi tahap akhir dan bahkan temanku yang nilai UN nya paling tinggi diantara kami, ia tidak lolos seleksi tahap akhir. Saat itu pertama kalinya aku bisa mewujudkan impianku untuk mendapatkan beasiswa di salah satu instansi pendidikan, ini bukanlah akhir dari perjalananku.

Aku terus mengembangkan potensiku di SMA tersebut, hingga aku mendapatkan banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, seperti juara 1 olimpiade ekonomi, juara 1 kejuaraan pencaksilat dan masih banyak lagi. Selain itu aku juga aktif dalam organisasi, hingga aku terpilih menjadi wakil ketua organisasi Penegak Disiplin Siswa dan menjadi anggota di beberapa organisasi. Aku juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan aku juga terpilih menjadi pendamping khusus bagi peserta didik baru yang sekolah di SMA ku. Selama aku sekolah di sana, aku juga mendapatkan beberapa beasiswa pendidikan dari universitas (hasil kemenanganku saat olimpiade ekonomi) dan bank BRI berupa uang sejumlah 2.500.000,00. Aku benar benar tidak menyangka bisa sampai ke titik ini dan sampai sekarang aku tetap menjadi seorang pejuang beasiswa untuk melanjutkan pendidikanku ke jenjang perguruan tinggi.

Kita dilahirkan dalam keadaan yang semestinya, jika kita tidak seberuntung mereka yang hidup serba berkecukupan, maka berusahalah untuk bisa mencapai titik yang kamu inginkan. Semua hasil yang kamu terima kelak adalah cerminan dari doa dan usahamu. Jika kamu memiliki mimpi yang sangat tinggi, janganlah sekali-kali kamu turunkan mimpi tersebut. Tetapi tingkatkanlah usahamu hingga kamu bisa meraih mimpi itu. Tidak harus jadi seseorang yang terbaik diantara orang lain, tetapi tunjukkanlah usaha terbaikmu kepada orang lain. Jangan pedulikan celotehan orang lain yang hanya membuatmu down. Tetap fokus, berusaha, berdoa dan tawakkal. Semangat pejuang besiswa, semoga kalian dapat meraih apa yang kalian cita-citakan.

Kelas Juara on Youtube
Kelas Juara Podcast Eps 5 - Belajar Online Pasti Seru dengan Google for Education
Kelas Juara Podcast Eps 4: KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 2
Kelas Juara Podcast Eps 3 - KATA SIAPA MASUK UI SUSAH? #PART 1
KELAS JUARA EPS 2 - Kabur dari Indonesia, Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Part 2