fbpx

Forum

Forum Navigation
Please or Register to create posts and topics.

Kisahku Belajar Di Negeri Orang

Ini adalah cerita pengalaman saya ikut program pertukaran pelajar di Amerika tahun 2017. Well, it's gonna be a little bit long, but let's jump into it! Aight.

Seru? Banget, bingung? Iya juga, culture shock? Jangan ditanya, homesick? Apalagi. Tapi, beruntungnya saya gak merasakan homesick selama di sana. Untungnya lagi adalah kita bisa punya banyak teman dari berbagai negara di dunia!

Pengalaman yang sangat berharga and ofc, truly unforgettable! Tahun lalu, saya ikut program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat selama 1 tahun. I was hosted in Fayetteville, North Carolina and after 4 month I moved to Steilacoom, Washington State, yang mana saya sangat bersyukur karena bisa merasakan 2 sisi yang berbeda dari negara adidaya itu.

Saya berkali-kali mengalami yang namanya culture shock. Mulai dari mereka yang makan hanya menggunakan garpu dan pisau, kecuali sup mereka baru pakai sendok, makanan yang rasanya beda banget, muter lagu di mobil yang volumenya ga main-main, ga makan nasi, penggunaan tanda seru in every occasion (saya sempat kaget dengan yang ini), toiletnya yang cuma ada tisu, sampai ranjang mereka yang tinggi-tinggi dan tanpa guling. (Nanti saya jelasin semuanya kalau ada pertanyaan tentang ini hehe)

Di minggu pertama saya benar-benar ga ada clue tentang mereka bicara apa karena Bahasa Inggris yang masih "merangkak". Saya hanya jawab semampu saya dan benar-benar try hard untuk menanggapi mereka yang bicaranya cepat. But, as time goes by, kemampuan bahasa saya melesat karena menggunakannya terus-menerus. Saya jet lag sampai 7 hari ): tubuh saya butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Bahkan saya tidur sampai 20 jam di hari kedua hehe, untungnya host family saya sangat pengertian.

Selama di sana kita akan tinggal bersama host family dan sebagai exchange student, tentunya kita harus sharing budaya kita dong. Bisa presentasi, memasak, perform tarian, nyanyi, dan semua yang kita lakukan are pretty much represent our culture. Akan banyak orang yang amaze dan juga banyak orang yang akan bertanya "Indonesia itu apa?" Iya, apa. Banyak dari mereka yang belum tau tentang negara kita dan fakta bahwa Indonesia itu ada. Kinda sad, but true.

Banyak kegiatan volunteering yang saya ikuti dan saya sadari ternyata orang di sana itu sangat senang dengan kegiatan relawan seperti ini. Salut banget! Mereka juga sangat menghargai orang lain dan selalu penasaran tentang budaya di luar negaranya. Banyak yang bilang bahwa Amerika Serikat itu sangat rasis, tapi buktinya tidak (atau cuma saya yang ga peka lol). Saya seorang Muslim dan mereka menghormati pilihan saya, bahkan ada teman saya yang sampai ikut puasa bersama saya, that's so nice. Jangan percaya stereotype ya!

Kegiatan sekolah di US juga berbeda dengan Indonesia. Moving class, pelajarannya kita yang milih, sekolahnya ga lama, pekerjaan rumah sewajarnya, dan benar-benar menggali potensi anak. Sistem pendidikannya menarik banget dan sangat amat efektif. Jangan lupa pada kenyataan bahwa mereka sangat bermodal.

Event di sekolah asik-asik. Homecoming, prom, football game, sports, clubs, volunteering, mr./mrs. School, teachers' talent show, dan banyak lagi. Mereka sangat kreatif dalam buat acara dan saya senang bisa jadi bagian dari mereka.

Amerika Serikat termasuk negara yang punya sejuta hal menarik. Mereka punya banyak hari yang mungkin sulit akan saya ulang di sini. Contohnya Halloween, thanksgiving, spring break, summer break, semua! Jangan lupakan salju yang tentunya ga ada di Indonesia juga.

Well, that is all guys. Sampai di sini dulu ya, lain waktu saya akan share lebih banyak atau bisa tanyakan saya aja. I hope you gain some more knowledge and dare yourself to become an exchange student! Terima kasih!

Edy Syahputra, Wahidah and 2 other users have reacted to this post.
Edy SyahputraWahidahMoh TaufiqMaitsa Jahja