fbpx

Forum

Forum Navigation
Please or Register to create posts and topics.

Breakout Rooms di Google Meet ?

Hi everyone! It's me, Romeo India Alpha November.

Jadi pada kesempatan ini aku mau sedikit cerita dan berbagi pengalaman aku sebagai pengguna Google Workspace, yang anaknya emang sebegitu cintanya dengan Google ini hehe. Temen-temen yang belum terlalu familiar dengan Google Workspace tenang aja, karena ini ngga gimana gimana kok, ini sama seperti aplikasi Gmail yang temen-temen punya yang didalamnya ada aplikasi lain yang bisa diakses seperti Drive, Docs, Sheet, Slide dll. Perbedaan tentunya ada dari segi fitur-fiturnya, seperti yang akan coba aku bahas pada topik ini.

Nah, kali ini aku mau cerita tentang penggunaan Google Meet, pasti sudah pada tau kan ya aplikasi video conference satu ini, yang tetap menyatukan kita ditengah situasi sekarang ini, walaupun ada yang stay at home, ada yang di kantor, ada yang dimana-mana tetapi tetap yaaa kita bisa berkomunikasi dengan baik. Thank you Google Meet sudah mendekatkan kita-kita yang jauh!

So guys, salah satu fitur di Google Meet itu adalah Breakout Rooms, dimana kalo misal kita lagi ada meeting/training itu kita bisa buat diskusi perkelompok dan itu menggunakan fitur Breakout Rooms ini. Pada Room yang terpisah tersebutlah kita dapat berkomunikasi secara intens dengan kelompok kita masing-masing, setelah itu nanti kita bisa kembali ke room utama kalau diskusinya sudah selesai. 

Fitur ini nanti bisa diaktifkan oleh si pembuat room meeting, dan bisa menambahkan partisipan ke dalam breakout room tertentu. Aku punya pengalaman sebelumnya saat belajar bersama gitu dalam satu kelas kita mau diskusi berkelompok dengan breakout room, nah biasanya aku akan assign tuh satu satu pesertanya ke breakout room, dan sejujurnya ini kadang takes time sih hehe. Hingga akhirnya aku menemukan caranya supaya aku bisa set dulu sebelum diskusinya dimulai, siapa saja yang masuk ke room 1,2,3 dst… jadi nanti pas udah mulai diskusi aku tinggal mulai aja untuk breakout room nya, dan partisipan bisa langsung bergabung ke breakout room masing-masing. Untuk caranya bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama kita buat acara terlebih dahulu di Google Calendar, selain ini bagus untuk memberikan notifikasi undangan ke partisipan tentunya disini kita bisa set siapa saja yang masuk ke breakout room.

Jika sudah menambahkan judul acara, dan mengundang partisipan, selanjutnya kita bisa set breakout room nya dengan klik icon settings seperti gambar berikut ini.

 

 

Kemudian kita bisa ke bagian breakout rooms, nah disini kita bisa set room nya mau berapa, dan siapa saja yang masuk ke masing-masing room. Jika sudah, tinggal klik Save. Jadi deh, gampang banget kan ya

Kita bisa mulai meeting/diskusinya seperti biasa dengan join ke link Google Meetnya, dan untuk memulai Breakout Room nanti si organizer/pembuat room meetingnya bisa ke bagian Breakout Room, dan klik Set up Breakout Rooms. Nanti kita akan lihat jumlah breakout room nya ada berapa, dan siapa saja yang akan dimasukkan ke breakout rooms tersebut, itu sudah ada otomatis karena kita sudah set di awal tadi, dan selanjutnya kita bisa klik Open rooms. Breakout room sudah berhasil dimulai.

Sekian teman-teman semua yang bisa aku share, apa ada yang sudah pernah set breakout room seperti ini ? atau ada yang mau berbagi pengalamannya juga ? boleh banget yaaa jangan sungkan-sungkan hehe

Thank you.

Dewantoro Wibowo and Maitsa Jahja have reacted to this post.
Dewantoro WibowoMaitsa Jahja

Bang nama ig nya apa?

Saya cari di ig gk ketemu

Topiknya keren dan bermanfaat. Kapan nih kah buat topik baru tentang aplikasi Google Workspace yang lain?